Kegiatan Yang Akan Dilaksanakan KKN 24 Kwanyar-Barat. Bangkalan Madura


TEMPAT DAN TANGGAL PELAKSANAAN 

Tanggal : 27 Juli – 19 Agustus 2015 
Tempat : Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. 

KEGIATAN-KEGIATAN YANG AKAN DILAKSANAKAN 

Adapun kegiatan yang direncanakan dalam program KKN di Desa Kwanyar Barat terdiri dari kegiatan unggulan, kegiatan pendukung, dan kegiatan lainnya. 

Kegiatan Unggulan Kegiatan unggulan yang akan dilakukan di Desa Kwanyar Barat yaitu penyuluhan dan pelatihan pemberdayaan dan pemanfaatan tanaman jagung untuk diolah menjadi biskuit jagung, dodol jagung, teh jagung serta kerajinan tangan seperti bros dan hiasan bunga dari kulit jagung sebagai pemanfaatan tanaman jagung hasil dari sektor pertanian Kwanyar Barat yang akan mendongkrak ekonomi masyarakat Kwanyar Barat. Sasaran dalam kegiatan ini yaitu warga desa dan adik-adik Kwanyar Barat dengan tujuan agar masyarakat mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada seperti jagung yang mempunyai nilai ekonomis. 

Metode yang digunakan yaitu melalui penyuluhan dan pelatihan tiap tahap yang akan dilakukan tiap minggu yaitu hari kamis tanggal 30 juli dimulai tahap pengenalan dan pengumpulan bahan, 06 Agustus tahap pengolahan, dan 13 Agustus 2015 tahap pengemasan dan pemasaran sehingga masyarakat akan memahami dan mampu mempraktikkan untuk membuatnya sendiri. 

Kegiatan Pendukung Selain kegiatan unggulan yang akan kami lakukan di Desa Kwanyar Barat, ada pula kegiatan-kegiatan pendukung lainnya yang juga dapat bermanfaat dan berpotensi sebagai nilai tambah bagi masyarakat Kwanyar Barat yaitu: 

1. Pengajaran bagi siswa SD Dalam kegiatan pengajaran ini ada dua pengajaran yang akan dilakukan yaitu pengajaran formal dan informal. Pengajaran formal yaitu mengajar secara langsung siswa SD saat waktu disekolah dengan mengajarkan cara mudah belajar dan trik-trik untuk mudah dalam memahami pelajaran dan menghafalnya. Hal ini dilakukan guna membantu para siswa yang masih belum memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru mereka dan sulit menghafal pelajaran yang diajarkan. Kegiatan ini dilakukan tiga kali dalam waktu KKN yaitu hari rabu pada minggu pertama tanggal 29 Juli 2015 dengan materi trik membaca cepat. Untuk minggu kedua dan ketiga dilakukan pada hari senin yaitu tanggal 03 dan 10 Agustus 2015 dengan materi trik menghitung cepat dan trik menghafal cepat. Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi SDN 1 Bagungan Barat Desa Kwanyar, SDN 2 Bagungan Barat Desa Kwanyar dan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiatut Tolibin Kwanyar Barat. 

2. SAT ( Sekolah Alam Teknologi ) SAT ( Sekolah Alam Teknologi ) ini merupakan pengajaran informal yang dilakukan kepada adik-adik dengan memberikan informasi dan pembelajaran langsung mengenai teknologi karena minimnya pengetahuan mereka akan teknologi akibat kurangnya fasilitas teknologi disekolah mereka yang digunakan seecara bergantian sehingga dengan kegiatan ini adik-adik akan lebih dikenalkan dengan teknologi sehingga mereka akan mampu mempraktikkan secara langsung. Kegiatan ini dilakukan ditempat terbuka agar suasana belajar tidak membosankan dan mereka lebih mengenal lingkungan sekitar yang ada dan akan dilakukan setiap minggu yaitu setiap hari selasa tanggal 04 dan 11 Agustus 2015. 

3. Sosialisasi kesehatan Kegiatan sosialisasi kesehatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan DBD sejak dini dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi akan wabah dan dampak DBD sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 31 Juli 2015 sebagai langkah awal kepedulian kita terhadap kesehatan masyarakat Desa Kwanyar Barat. 

4. Bakti Desa Kegiatan bakti desa ini dilakukan dengan melakukan kerja bakti yang diikuti oleh semua warga Kwanyar Barat sebagai wujud antisipasi dan aplikasi terhadap kegiatan sosialisasi kesehatan yang dilakukan sebelumnya guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan rapi sehingga akan terbebas dari penyakit. Kegiatan ini akan dilakukan setiap minggu yaitu hari minggu pagi sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar yang akan dilaksanakan pada tanggal 02 Juli, 09 Agustus, dan 16 Agustus dalam rangka menyambut peringatan hari kemerdekaan Indonesia. 

5. FRM (Forum Remaja Masjid) Kegiatan ini dilakukan untuk mengumpulkan para remaja warga Kwanyar Barat yang duduk dibangku SMP dan SMA untuk membentuk suatu forum dan organisasi untuk mengelola masjid atau mushalla yang ada di Desa Kwanyar sehingga para remaja di Desa Kwanyar menjadi aktif dan kompak satu sama lain dengan adanya forum tersebut. Forum atau organisasi tersebut dibentuk juga dengan tujuan apabila ada peringantan hari besar islam (PHBI), desa tersebut tidak sepi melainkan ada acara-acara yang akan diadakan oleh para remaja masjid tersebut. Untuk semakin mempererat dan mengompakkan, maka diadakan kegiatan kumpul FRM setiap hari sabtu agar komunikasi dan kekompakan tetap terjalin. 

6. Pelatihan kerajinan tangan Kegiatan kerajinan tangan ini berupa kerajinan tangan dari bahan kerang-kerang dipinggir pantai yang terbawa arus air laut dan tidak dimanfaatkan. Kerajinan tangan ini yaitu dengan mengajarkan proses pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar kerang untuk dijadikan sebagai gantungan kunvi, bros dan hiasan lainnya sehingga mempunyai nilai tambah dan dapat dijual untuk menambah pendapatan masyarakat sekitar yang selama ini hanya memanfaatkan hasil laut untuk dijadikan kerupuk dan diasinkan sebagai ikan asin. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2015 dalam rangka menyambut hari peringatan kemerdekaan Indonesia dengan pembuatan hiasan dari kerang. 

7. Sosialisasi dan penyuluhan media social dan teknologi Kegiatan ini diadakan dengan sasaran seluruh masyarakat Desa Kwanyar untuk mengenalkan alur Media TV, Sosial, dan Teknologi agar masyarakat melek teknologi dan mengetahui bahwasanya teknologi sangat berperan guna membantu kita dalam memasarkan sebuah produk. Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 05 Agustus 2015. 

8. Sosialisasi pembuatan pupuk kompos Harga pupuk yang mahal mendasari kegiatan ini dilakukan karena dengan adanya kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk kompos ini masyarakat tidak bingung dan mengeluh lagi akan harga pupuk yang mahal karena mereka dapat membuat pupuk kompos sendiri dari daun-daun yang ada sebagai alternatif lain dari kotoran hewan. Kegiatan ini dilakukan untuk menekan biaya yang terlalu mahal dalam sektor pertanian yang juga akan menekan keuntungan yang diperoleh sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menggunakan daun-daun yang ada untuk diolah sebagi pupuk demi menekan pengeluaran karena mahalnya harga pupuk. 

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 07 Agustus 2015. 

9. Penyuluhan penanaman sayur dan tanaman hidroponik Desa Kwanyar barat yang merupakan daerah pesisir menjadikan tanah di daerah ini menjadi sedikit tandus dan sulit untuk ditanami. Selain itu kurangnya lahan atau tanah untuk menanam menjadi alasan dilakukannya penyuluhan penanaman sayur dan tanaman hidroponik dengan sasaran para ibu-ibu warga Kwanyar Barat agar mereka dapat menanam sayuran sendiri sehingga lebih higenis dan ekonomis untuk dikonsumsi sendiri. Kegiatan ini akan dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2015. 

10. Peringatan Hari Besar Nasional Dalam rangka menyambut hari peringatan kemerdekaan Indonesia, maka akan diadakan lomba-lomba untuk meramaikannya yaitu lomba adzan, lomba MTQ, lomba cerdas cermat, lomba balon dumang, dan sebagainya dimana sasarannya yaitu adik-adik siswa SD yang ada di Kwanyar Barat dimana kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menguji kemampuan para siswa yang ada di Kwanyar Barat baik dalam hal pendidikan formal maupun pendidikan rohaninya. Kegiatan ini akan dilakukan pada tanggal 15 Agustus untuk lomba MTQ dan adzan, tanggal 17 Agustus 2015 untuk lomba cerdas cermat, dan tanggal 18 Agustus untuk lomba lainnay sekaligus pengumuman dan pembagian hadiah bagi para pemenang. 4.3 Kegiatan Lainnya 
1. Silaturrahmi Kegiatan ini merupakan perkenalan awal dengan masyarakat dan para tokoh masyarakat Desa Kwanyar Barat dimana akan dilakukan pada tanggal 27-28 Juli 2015 yaitu dua hari pertama pelaksanaan KKN untuk lebih mengenal masyarakat sekitar dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. 

2. Perpisahan Kegiatan ini merupakan kegiatan penutup KKN di Desa Kwanyar Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2015. Acara ini berupa pentas seni dan penyerahan cindera mata serta pamit kepada para masyarakat Desa Kwanyar Barat.

Categories: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

silakan masukan komentar anda

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Ds. Kwanyar-Barat, Madura | Powered by Nofianto Puji Imawan

Design by bigbogbag | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | KKN24      Up ↑